CucuRann

pencari keadilan

Analisais Jurnal Penelitian

Posted by arykamara pada 29 NovemberUTCbThu, 13 Nov 2008 23:31:20 +0000000000pmThu, 13 Nov 2008 23:31:20 +000008, 2008

Analisais Jurnal Penelitian

A. Fenomena

Diabetes mellitus bukanlah suatu penyakit tunggal dengan penyebab tunggal, tetapi terdapat beberapa mekanisme penyebab. Prevalensi DM di dunia sebesar 4%, ini berarti bahwa terdapat lebih dari 143 juta penduduk penderita DM di dunia, diproyeksikan pravalensinya akan meningkat menjadi 5,4% (300 juta penderita) pada tahun 2025 dan sebanyak 77% di antaranya terjadi di negara berkembang.

B. Alasan Diteliti

Masyarakat kita telah mengembangkan penggunaan pengobatan tradisional yang dapat dikombinasikan atau bahkan menggantikan obat-obatan modern, meski alasan ilmiahnya kurang dipahami. Salah satu obat tradisional yang sedang “naik daun” dan khasiatnya dipercaya dapat menyembuhkan diabetes melitus adalah mahkota dewa. Daging buah mahkota dewa merupakan bagian yang paling banyak dimanfaatkan sebagian obat. Efek hipoglikemi daging buah mahkota dewa tidak terlepas dari senyawa kimia aktif yang terkandung di dalamnya yaitu flavonoid, alkaloid, dan saponin.

Dari sinilah penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah rebusan daging buah mahkota dewa dapat menurunkan kadar glukosa darah?

C. Teori

Hasil peningkatan kadar glukosa darah dapat dijelaskan melalui teori yang menyatakan bahwa aloksan menyebabkan kerusakan sel ä pankreas. Aloksan dalam darah berikatan dengan glut-2 yang memfasilitasi masuknya aloksan ke dalam sitoplasma sel ä pankreas. Aloksan menimbulkan depolarisasi berlebih pada mitokondria sebagai akibat masuknya ion ca2+ yang diikuti dengan penggunaan energi berlebih sehingga terjadi kekurangan energi dalam sel. Dua mekanisme ini mengakibatkan kerusakan daik dalam jumlah sel maupun massa sel penkreas sehingga terjadi penurunan pelepasan insulin.

D. Apakah ada penelitian yan sebelumnya dari penelitian ini?

Sebatas yang saya ketahui, belum ada penelitian sebelumnya tentang manfaat mahkota dewa untuk penurunan glukosa darah.

E. Variabel

  1. Variabel Dependen

Variabel yang tidak terikat atau tergantung pada terjadinya perubahan.

Pada penelitian ini variabel dependennya adalah glukosa darah puasa yaitu glukosa darah setelah tikus dipuasakan selama 8 – 10 jam. Darah diambil dari vena ekor tikus putih, glukosa darah termasuk skala numerik (mg %).

  1. Variabel Independen

Variabel yang dipandang sebagai sebab munculnya atau terjadinya perubahan pada variabel dependen.

Pada penelitian ini variabel independennya adalah rebusan daging buah mahkota dewa yaitu air dari hasil rebusan daging buah mahkota dewa kering (gram) yang direbus hingga volume air tersisa setengahnya, skala numerik (%).

F. Sample

Tikus putih jantan galur wistar berjumlah 30 ekor yang dibagi dalam lima kelompok perlakuan. Tikus putih yang digunakan mempunyai umur sekitar tiga bulan dengan bobot badan 120 – 180 gram.

G. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pre test and post test with control group design dengan lima kelompok perlakuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: