CucuRann

pencari keadilan

Tidur Tajamkan Daya Ingat Kita!

Posted by arykamara pada 29 NovemberUTCbSat, 15 Nov 2008 23:03:03 +0000000000pmSat, 15 Nov 2008 23:03:03 +000008, 2008

Rabu, 08 Oktober 2008 16:10
Begadang sekarang sepertinya telah menjadi gaya hidup yang diterima sebagai hal yang biasa dalam masyarakat kita. Alasannya mungkin karena menyelesaikan pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan siangnya, belajar dengan sistem kebut semalam karena ujian keesokan harinya, atau malah karena ingin dugem sampai pagi. Namun sebenarnya tidur malam adalah hal yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita. Kali ini, ditemukan fakta bahwa tidur yang cukup bisa mempertajam daya ingat kita.

Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Genewa di Swiss menunjukkan hasil temuan mereka yang melibatkan sekelompok partisipan mengenai hubungan antara tidur malam dan daya ingat dalam Konferensi Masyarakat Federasi Neuroscience Eropa.

Pada penelitian ini para partisipan harus mengingat gambar yang ditunjukkan oleh peneliti. Mereka juga diminta untuk menghubungkan titik-titik yang bergerak di layar komputer menggunakan joystick. Pada malam hari, sebagian dari mereka diperbolehkan tidur malam secara normal, sedangkan yang lainnya hanya boleh tidur siang.

Keesokan harinya, seluruh partisipan diminta lagi untuk mengikuti titik-titik pada layar dan menyebutkan gambar, sementara otak mereka dipasang sejenis alat pemantau.

Seperti yang bisa ditebak, partisipan yang tidur cukup di malam hari memiliki kemampuan mengingat lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur!

Walau masih perlu penelitian lebih lanjut, kepala penelitian Dr. Sophie Schwartz menyimpulkan, tidur malam dapat memperkuat hubungan antar sel syaraf otak yang berperan penting dalam proses belajar dan mengingat.

Sepertinya mulai sekarang kita kudu tidur lebih awal dan menghindarkan kegiatan begadang supaya nggak cepat pikun!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: